25 Jan 2012

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Otak Responsif


Penurunan daya ingat seseorang terjadi secara alamiah dan memiliki korelitas yang erat dengan bertambahnya usia dan berbagai faktor juga dapat memicu penurunan daya ingat seperti benturan, tingkat stress dan lain-lain. Menurunnya daya ingat manusia adalah juga merupakan sumber rejeki bagi pihak-pihak lain untuk mencari solusi agar membantu daya ingat manusia seperti adanya suplemen (makanan tambahan untuk kesehatan) dan obat-obatan. Kadang, karena dipicu "kepanikan" atas peristiwa alamiah ini, seseorang bertindak diluar batas dan tidak menghiraukan efek samping dan mereka "cuek" mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan yang berbahan kimia.

Berikut tips yang saya dapatkan dari situs caritauaja.info , yang mengulas sedikit latihan dan percobaan kecil untuk anda lakukan secara serius, semoga posting ini bermanfaat bagi anda untuk meningkatkan daya ingat anda.

Siapkah anda ? Jika ya coba anda hapal kata-kata di bawah ini dalam waktu 90 detik! anda harus hapalkan kata-kata itu beserta urutannya, Urutan tidak boleh terbalik. Sekarang siapkan jam anda. Lihat jam dan catat posisi mula:
1. Rumah
2. Gudang
3. Pesawat
4. Bazoka
5. Gunung
6. Merpati
7. Hotel
8. Samudra
9. Jakarta
10. Amerika

Setelah 90 detik berlalu, anda jangan langsung menuliskan apa yang baru saja anda hapalkan. Berikan jeda waktu 2-3 menit dengan  meneruskan membaca dan setelah itu silahkan anda coba tuliskan apa saja yang berhasil anda ingat.

Bagaimana skor anda ? Berapa banyak yang dapat anda ingat? Apakah anda dapat mengingat 5 kata, 10 kata ataukah semuanya? Bila skor anda baik, saya ucapkan selamat buat anda. Bila skor anda kurang baik, saya juga ucapkan selamat.

Mengapa begitu? Sebab dengan percobaan kecil ini, kini anda mulai menyadari keadaan dan kekuatan daya ingat anda. Setelah anda tahu kondisi ini, anda dapat meningkatkan daya ingat anda. Masalah yang sebenarnya bukanlah mengapa kita sulit mengingat, tetapi bagaimana kita memasukkan informasi itu ke dalam memori kita. Semakin baik cara kita menerima, mengolah dan menyimpan, akan semakin mudah juga kita untuk mengingat kembali data yang telah kita simpan tersebut. Jika dalam memasukkan informasi terjadi kesulitan, kita akan kesulitan mengingat kembali data tersebut.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, “Apakah daya ingat dapat ditingkatkan? Jawabannya, “Dapat, asal kita tahu caranya (Tekhnik) dan bersedia melatih otot memori kita.” . Anda harus melatih teknik memasukkan informasi ke dalam otak yang sesuai dengan cara kerja otak atau disebut dengan Tekhnik Memori. Metode ini harus digunakan sejalan dengan cara otak beroperasi dan berfungsi, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi otak dalam menyerap dan menyimpan informasi.

Otak sangat suka akan hal yang bersifat:

1. Tidak masuk akal/ekstrem berlebihan
2. Seksi
3. Penuh warna
4. Multi sensori (melibatkan lebih dari satu panca indera)
5. Lucu
6. Melibatkan emosi
7. Melibatkan irama atau musik

8. Tindakan Aktif
9. Gambar tiga dimensi dan hidup/aktif
10. Menggunakan asosiasi
11. Imajinasiv
12. Simbol
13. Nomor dan urutan

Ada beberapa metode hapalan yang efektif, namun dalam artikel ini hanya akan dibahas satu cara saja, yakni teknik rantaian kata. Dalam cara ini kita merantaikan atau menyambung kata-kata yang ingin kita hapal dan kata tersebut dirantai dengan membuat suatu cerita. Sebelum kita mencoba cara ini, perlu anda ketahui ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membuat suatu cerita pendek yang baik yang dapat meningkatkan daya ingat kita. Syarat utamanya adalah kita harus ingat apa yang disukai oleh otak, yaitu 14 poin yang saya sebutkan di atas. Syarat lainnya:
1. Buatlah cerita yang berisi suatu aksi/tindakan
2. Hindari perubahan bentuk/obyek yang kita hapal
3. Jangan menambahkan obyek lain
4. KISS (Keep It Super Simple)
5. Saat anda membuat cerita yang berisi gambar dari kata/obyek yang ingin dihapal, usahakan untuk menutup mata anda sambil arahkan bola mata anda ke arah kiri atas.

Sekarang, setelah memahami syarat membuat rantaian kata yang baik, mari kita berlatih menggunakan teknik ini. Kini saya minta anda untuk menghapalkan kembali kata-kata berikut.
1. Rumah
2. Gudang
3. Pesawat
4. Bazoka
5. Gunung
6. Merpati
7. Hotel
8. Samudra
9. Jakarta
10. Amerika

Lakukan visualisasi berikut ini:

  • Bayangkan Rumah anda. Setelah gambar rumah anda jelas terlihat di dalam pikiran anda, bayangkan rumah anda mempunyai tangan yang kuat.
  • Rumah tadi kemudian mengangkat Gudang.
  • Gudang ini lalu dilemparkan dan mengenai sebuah PESAWAT Boeing, tepat menindih kepala pesawat. Anda bayangkan pesawat yang mengerang kesakitan, napasnya terengah-engah.
  • Pesawat, menggunakan tangannya, menggapai-gapai mencari sesuatu dan ternyata menemukan BAZOKA.
  • Pesawat menembak gudang dengan menggunakan bazoka. Namun sayang tembakan meleset dan mengenai sebuah GUNUNG. Tembakan bazoka menimbulkan lubang besar pada gunung.
  • Dari gunung keluar banyak sekali MERPATI.
  • Merpati terbang mencari tempat tinggal baru dan memilih tinggal di HOTEL.
  • Ternyata di dalam hotel ada si SAMUDRA yang sedang merencanakan tindakan jahat.
  • Setelah rencananya matang, si Samudra berangkat ke JAKARTA.
  • Samudra hendak mengebom fasilitas AMERIKA.
  • Sekarang anda sudah mengetahui salah satu teknik menghapal yang efektif. Jadi buat apa susah-susah menghapal lagi, kini menghapal dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. 
>>> Selamat mencoba.<<<

Melatih Otak Berfikir Lebih Responsif

  • Ambillah dosis EPA secukupnya EPA adalah senyawa kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.
  • Menurut buku “Teach yourself. Training your brain” yang ditulis oleh pengajar senior dan seorang ahli biologi. Seks teratur dengan pasangan anda adalah bentuk sempurna dari latihan, yang juga meningkatkan peredaran darah ke otak. Ia dapat mengurangi stress dan ketegangan yang menurunkan efisiensi kinerja otak.
  • Mengisi Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Seperti halnya otot, jika tidak dilatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.
  • Berjalan kaki , mencari  udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang akan membantu anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran anda tetap jernih.
  • Tertawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan anda tertawa setiap harinya.
  • Menjadi manusia kreatifif  memungkinkan anda untuk menemukan solusi baru untuk setiap permasalahan baik baru dan lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.
  • Belajar melempar barang, berdasar Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.
  • Berhubungan dengan sifat keanak-anakan anda, Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2). Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada apa yang kita pelajari selama satu dekade. Bebaskan pikiran anda dari penjara pikiran “seorang dewasa”, Anda akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya, Anda mungkin akan membuat penemuan besar yang berikutnya.
Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar