26 Agt 2011

Rute Busway Selama Libur Lebaran


Rute Busway Selama Libur Lebaran (Iedul Fitri) 1432 H, Unit Pengelola TransJakarta Busway mengadakan rute tambahan di beberapa koridor busway terutama koridor yang melewati objek wisata maupun pusat perbelanjaan. Rute layanan khusus ini berlaku mulai lebaran hari pertama sampai dengan 4 September 2011.
Setidaknya, TransJakarta Busway mengadakan delapan rute tambahan, yaitu Rute Blok M-Ancol pada 29-31 Agustus beroperasi mulai pukul 08.00-20.00 WIB, pada 1-4 September mulai pukul 07.00-21.00 WIB. Halte yang disinggahi adalah Pecenongan, Juanda, Pasar Baru Timur, Jembatan Merah, Mangga Dua, Pademangan dan Ancol. Demikian juga arah sebaliknya.
Rute Ragunan-Cililitan pada 1-4 September dimulai pukul 06.00-20.00 WIB. Halte yang disinggahi adalah Pancoran Barat, Pancoran Tugu, Tebet BKPM, Cikoko Stasiun Cawang, Cawang Ciliwung, BNN, Cawang UKI, PGC 2 dan Cililitan/PGC 1. Untuk rute ini, khusus di halte PGC 2 hanya menurunkan penumpang dan bagi penumpang yang menuju Ragunan dapat naik dari halte PGC 1.
Rute Pulo Gadung (koridor 2)-Ancol pada 1-4 September mulai pukul 07.00-21.00 WIB. Halte yang disinggahi adalah Budi Utomo, Pasar Baru Timur, Jembatan Merah, Mangga Dua, Pademangan dan Ancol. Rute Kalideres-Ancol pada 1-4 September dimulai pukul 07.00-21.00 WIB. Halte yang disinggahi adalah Harmoni, Pacenongan, Juanda, Pasar Baru Timur, Jembatan Merah, Mangga Dua, Pademangan dan Ancol.
Rute Pulogadung (koridor 4)-Ragunan pada 1-4 September mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Halte yang disinggahi adalah Halimun, Setia Budi AINI, Kuningan Madya, Karet Kuningan, GOR Sumantri, Depkes, Patra Kuningan, Kuningan Timur, Mampang Prapatan, Duren Tiga, Imigrasi, Warung Jati, Buncit Indah, Jati Padang, SMK 57, Deptan dan Ragunan.
Rute Ragunan-Harmoni pada 1-3 September dimulai pukul 06.00-20.00 WIB. Halte yang disinggahi adalah Bundaran HI, Sarinah, Bank Indonesia, Monas dan Harmoni. Rute Ragunan-Grogol pada 1-4 September dimulai pukul 06.00-20.00 WIB.
Halte yang disinggahi adalah Jamsostek Gatot Subroto, LIPI, Gatot Subroto, Semanggi, JCC Senayan, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Tomang Central Park dan Grogol 2. Rute Pluit-Ancol pada 1-4 September dimulai pukul 07.00-20.30 WIB. Halte yang disinggahi adalah Harmoni, Pecenongan, Juanda, Ps.Baru, Pasar Baru Timur, Jembatan Merah, Mangga Dua, Pademangan dan Ancol.
Rute layanan khusus ini diadakan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang di halte transit Dukuh Atas 2 dan Matraman yang akan menuju tempat wisata Ancol dan Ragunan. Lonjakan penumpang bisa mencapai 20 persen-30 persen dari kondisi normal. "Rute layanan khusus lebaran ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat Jakarta yang ingin berlibur ke Ancol dan Ragunan," kata Kepala UP Transjakarta M. Akbar.
Ia mengatakan, pihaknya selalu mengevaluasi setiap perkembangan di lapangan, termasuk evaluasi terhadap tingkat kepadatan penumpang di setiap halte, khususnya di halte transit.
Pengaturan Lalu Lintas di Ragunan


Pengalaman setiap lebaran tahun sebelumnya situasi lalu lintas yang mengarah ke Ragunan selalu dipadati pengunjung, akibatnya lalu lintas macet total. Biasanya situasi ini terjadi pada lebaran hari ke-2 dan 3. Untuk mengatasi kemacetan ini, pihak Polisi lalu lintas memberlakukan jalur satu arah mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dari perempatan traffic light Departemen Pertanian sampai pintu masuk Ragunan.
Sebaliknya, pengaturan lalu lintas satu jalur dari Ragunan yang mengarah perempatan traffic light Departemen Pertanian diberlakukan mulai pukul 14.00-18.00 WIB. Namun demikian, pemberlakuan satu jalur ini sifatnya situasional, tergantung kondisi di lapangan.
Jika pengaturan lalu lintas satu jalur diberlakukan maka Bus Transjakarta tidak dapat melintasi halte Departemen Pertanian dan Ragunan. Oleh karena itu, pelayanan penumpang yang mengarah ke kedua halte tersebut hanya sampai halte SMK 57.
Bus Tansjakarta yang seharusnya menuju Ragunan, dialihkan melalui perempatan traffic light Departemen Pertanian, belok kanan ke Jalan TB Simatupang kemudian berputar balik di putaran Trakindo kembali menuju halte SMK 57 selanjutnya menuju Dukuh Atas 2.
Dengan demikian pada saat pemberlakuan satu jalur ini, loket penjualan tiket di halte Ragunan dan Departemen Pertanian ditutup sementra dan dialihkan ke SMK 57.


Sumber: republika.com Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar