3 Sep 2010

Istana Tertua dari Aslantepe Tumulus Turki


Ada berita yang cukup menghebohkan dari Turki hari ini (3 september 2010) , berkaitan dengan ditemukannya Istana Tertua Didunia yang menurut ahli arkeologi di bangun pada sekitar tahun 3.300 Sebelum Masehi di tanah Aslantepe Tumulus . Berita yang cukup menghebohkan ini berasal dari telah ditemukannya Istana tersebut oleh Tim Arkeologi Turki terhadap situs istana ini sebagaimana berita ini di lansir oleh www.worldbulletin.net. Penemuan istana ini mungkin terkait erat dengan ditemukannya "Perjanjian perdagangan" oleh tim arkeolog yang diperkirakan berumur 4000 yang lalu.  Istana ini di temukan di wilayah sebelah timur dari provinsi Malatya di salah satu permukiman kuno di desa Orduzu, Turki. Rencananya Istana ini akan di jadikan musium udara terbuka.


Menurut Marcella Frangipane, dosen arkeologi Italia di Universitas La Spienza dan ketua tim penggalian di Aslantepe, Pemugaran dapat di rampungkan pada tahun ini dan di buka untuk umum pada bulan Juni tahun depan. Namun hingga kini belum ada informasi yang dapat di berikan tentang museum ini. Dia menambahkan bahwa Tim penggalian telah di siapkan dan juga mengatakan agar istana ini nantinya akan terlihat sebagaimana aslinya. Nantinya pengunjung dapat melihat istana dari atap untuk melihat bangunan tua tersebut. 


Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa istana ini runtuh akibat kebakaran hebat yang melanda peradaban itu. Dari situs ini di temukan bekas-bekas kuil, pengadilan dan lorong-lorong. Dan dari bekas segel yang ditemukan juga menunjukkan telah ada nya kehidupan birokrasi pada masa itu. 


(Dari berbagai sumber) Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar