12 Des 2011

Koridor XI >> Juni 2012 Koridor XII Transjakarta Busway Update Info


Koridor XI akan diresmikan pada 28 Desember 2011 ≡ Busway Koridor XII (Pulo Gebang - Tanjung Priok) Dibangun Mulai Juni 2012


Koridor XI Transjakarta saat ini sedang dalam proses penyelesaian, Jalur Busway ini rencananya akan mulai diresmikan pada tanggal 28 Desember 2011 oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo. Rencananya Busway Koridor XI akan berakhir pada Halte Pulo Gebang, namun saat ini belum tampak pembangunan jalur menuju ke Halte Pulo Gebang dan saat ini Koridor XI baru sebatas dari Walikota Jakarta Timur sampai dengan Terminal Kampung Melayu. Artikel ini adalah artikel kedua tentang informasi Koridor XI, Dapatkan beberapa informasi pada artikel sebelumnya, Klik disini. Post artikel lain tentang Semua Koridor dan nama-nama halte dari setiap koridor, bisa anda dapatkan pada artikel Rute Busway DKI.

Erna Yuni, Kepala Seksi Fasilitasi Pendukung Dinas Perhubungan DKI, mengatakan pada saat peresmian tersebut sudah terpenuhi 15 halte yang terdiri dari halte layang dan halte tingkat sepanjang 11,7 meter.

"Di halte kantor Walikota Jakarta Timur, akan dibangun dua toilet. Satu untuk umum dan satu lagi untuk penyandang cacat," ujar Erna, Minggu (11/12/2011).

Halte di depan Kantor Walikota Jakarta Timur terbesar berukuran 16 x 27 meter dan halte terkecil 1,7 meter, masing-masing dengan panjang 40 meter.


Di sepanjang koridor XI, dibangun 15 halte busway yang seluruhnya terdapat fasilitas untuk penyandang tuna netra. Yaitu berupa ubin dengan gambar timbul, sehingga memudahkan para tuna netra yang masuk dan keluar dari bus menuju halte pada saat bepergian menggunakan bus Transjakarta.

“Sehingga mereka dengan mudah bisa masuk ke halte, masuk ke bus transjakarta dan keluarnya pun mudah. Di bus Transjakarta pun, sudah disediakan tempat duduk khusus bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik tersebut,” tambah Erna Yuni.

Kembali dijelaskannya, hal tersebut dilakukan dalam rangka menerapkan Perda nomor 10 tahun 2011 yang didalamnya menyebutkan setiap bangunan fasilitas publik dilengkapi sarana aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

Busway Transjakarta koridor XII (Pulo Gebang - Tanjung Priok)

Perluasan jaringan moda angkutan massal terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Setelah koridor XI (Kp. Melayu - Pulogebang), pada 2012, pembangunan busway koridor XII (Pulgebang-Tj. Priok) siap dilakukan pada pertengahan tahun yang sama.

Menurut Kepala Seksi Fasilitas Pendukung Dishub DKI Jakarta, Erna Yuni, pembangunan koridor ini rencananya akan dimulai pada Juni 2012. Sehingga ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan. Ia menjelaskan koridor ini nantinya akan memiliki panjang mencapai 20 kilometer yang dilengkapi 20 halte. meski demikian Erna mengaku belum mengetahui anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan busway di koridor ini. Dirinya juga belum mengetahui berapa banyak armada yang akan melayani koridor XII ini. Yang jelas, diungkapkan Erna, pihaknya pada tahun depan akan menambah sebanyak 202 bus gandeng yang akan melengkapi 524 armada bus Transjakarta yang sudah sebelumnya.

Penambahannya sendiri dilakukan bertahap yakni di kuartal ketiga 2012 ada 66 bus gandeng, 76 bus gandeng di bulan Desember serta ditambah 60 armada cadangan.

“Saya belum mengetahuinya. Nanti dialokasikan di APBD DKI Jakarta 2012,” ujar Erna Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar