7 Okt 2012

BlackBerry - Cara Set Up koneksi Wi-Fi


BlackBerry - Cara Set Up koneksi Wi-Fi, akan membahas tentang bagaimana mengatur koneksi dengan menggunakan jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity). Menyenangkan sekali jika perangkat smarthphone dengan fitur Wi-Fi mendapatkan akses ke jaringan ini apalagi jika fasilitas tersebut tersedia gratis. Tentunya, akan sedikit mengurangi biaya koneksi anda. Cobalah untuk mengaktifkan fitur ini, dan jika suatu saat anda berada pada suatu tempat yang menyediakan akses internet via wi-fi, ponsel anda akan secara otomatis mendeteksi jaringan ini.

Persiapan

Sebelum melangkah kepada hal yang lebih dalam, sesuatu yang anda butuhkan andalah anda mendapatkan sinyal Wi-Fi agar anda bisa terkoneksi, dan anda mengetahui security key jika jaringan tersebut mensyaratkannya.

Menambahkan Jaringan Koneksi ke Ponsel

Ada 2 cara pengaturan untuk mengatur jaringan Wi-Fi. Cara pertama adalah dengan melihat layar dari aplikasi-aplikasi dan pilih "Manage Connections". Rangkaiannya akan saya tunjukkan dibawah, anda bisa mendapatkan ke halaman yang sama secara langsung dari homescreen dengan mengklik indikator signal.
  1. Buka "Manage Connections"
  2. Sorot dan pilih "Set Up Wi-Fi Network".
    Catatan: Pada titik ini, anda belum perlu untuk menghidupkan Wi-Fi anda. Terlebih dahulu kita harus mencari jaringan jika disitu masih belum aktif.
    Langkah ini akan membawa anda kepada halaman "Welcome to Wi-Fi Setup", jika anda terganggu dengan tampilan ini, anda dapat mencek kotak next pada "Don't show this introduction again,", sehingga selanjutnya anda tidak perlu melalui halaman ini lagi.
  3. Sorot dan klik "Next" pada bagian paling bawa dari layar.
  4. Halaman selanjutnya akan meminta "Select an option". Sorot dan pilih "Scan For Networks", di bagian paling atas dari list.
    Pada titik ini, jika anda mendapati Wi-Fi anda belum aktif, sebuah pop-up akan ditampilkan dan menanyakan jika anda ingin mengaktifkan Wi-Fi anda ("Turn on Wi-Fi to perform a scan?")
  5. Sorot dan pilih "Turn Wi-Fi on".
    Setelah itu layar akan menampilkan kumpulan jaringan yang ada dalam list.
  6. Temukan jaringan wireless yang anda cari. Sorot dan pilih jaringan yang anda pilih.
    Tergantung pada router tempat anda terkoneksi, sebuah layar pop up mungkin muncul partanyaan apakah Wi-Fi anda terproteksi. Demi keamanan, buatkan PIN BlackBerry untuk perizinan koneksi.
  7. Sorot dan pilih "Cancel" jika tidak ingin menambahkan proteksi koneksi.
  8. Langkah selanjutnya adalah halaman Wi-Fi security. Jika router memiliki security key, anda akan diminta untuk memasukkannya disini.
    Tap pada kotak teks "Pre-Shared Key" dan masukkan key security jika diterapkan.
  9. Ketika telah selesai, sorot dan pilih "Connect".
    Sepanjang disitu tidak ada masalah koneksi dengan router tersebut, anda selanjutnya masuk ke bagian halaman akhir yang mengatakan "Wi-Fi Success".
  10. Setelah itu anda dapat sorot dan pilih "Finish".



  • Jka proses-proses diatas dimulai sebagaimana di contohkan diatas, saat mengklik "Finish", anda akan segera kembali ke homescreen. Jika anda mengakses "Manage Connections" dari list aplikasi, butuh beberapa klik untuk keluar dan kembali ke homescreen. Jika semuanya telah di lakukan secara benar, sekarang anda akan melihat logo / indikator Wi-Fi pada bagian atas layar.


  • Diskonek dari jaringan Wi-Fi

    Ketika jarak anda diluar dari cakupan router, layanan ini akan secara otomatis terputus. Meski, Wi-fi anda tidak dimatikan secara sendirinya. Untuk melakukannya, anda harus kembali kembali ke halaman "Manage Connections" den melepaskan centang pada kotak Next pada Wi-Fi.

    Note: Jika anda tidak mengaktifkan Wi-fi pada device anda, pastikan bahwa anda telah mematikan Wi-Fi untuk menghemat pemakaian baterai.


    Sumber : http://www.knowyourcell.com/blackberry/blackberry-style/style-guides/588329/how_to_set_up_a_wifi_network_connection_on_the_blackberry_style.html Lihat dalam tampilan PDF

    0 comments:

    Poskan Komentar