29 Jan 2011

Apple, RIM, dan ZTE Kuasai Pasar Ponsel


Apple, RIM, dan ZTE Kuasai Pasar Ponsel

Foto : AP/Michael Paulsen/sa
PENJUALAN telepon seluler (ponsel) global melonjak 18 persen dari Oktober-Desember tahun lalu, terdorong pertumbuhan cepat produsen telepon pintar (smartphone) Amerika Utara, Apple dan RIM. Demikian kesimpulan yang diungkapkan International Data Corporation (IDC), firma yang bergerak dalam analisis dan riset pasar khusus bidang teknologi informasi, telekomunikasi, teknologi konsumer

"Para pengguna telepon seluler berkeinginan mengganti perangkat lamanya dengan perangkat yang bisa memiliki kemampuan menangani data sama baiknya dengan suara, yang tentu saja mendongkrak siklus pertumbuhan dan penggantian (perangkat)," ujar analis IDC, Kevin Restivo, seperti dikutip BBC, Jumat (28/1)

Pasar ponsel telah pulih dari keterpurukan pada 2009 saat pergerakan ekonomi global melambat sehingga permintaan ponsel baru berkurang.

Namun, saat ini permintaan telepon pintar baru, seperti iPhone 4 keluaran Apple dan Galaxy S milik Samsung, meningkat. Semua vendor telah menjual total 401 juta ponsel pada kuartal pertama, ujar Restivo.

Menguatnya penjualan ponsel murah di China, Afrika, dan Amerika Latin telah mengangkat produsen ponsel ZTE Corp dari China ke posisi empat produsen ponsel terbesar, setelah Nokia, Samsung, dan LG, untuk pertma kalinya, tambah IDC.

"Meski awalnya mereka berkonsentrasi pasar menengah ke bawah, keberhasilan mereka justru terkait langsung dengan pasar smartphone yang berkembang pesat," katanya.

Sementara, beberapa vendor top seperti Nokia, LG, Motorola Mobility, dan Sony Ericsson melaporkan angka penjualan mereka menurun di kuartal pertama. Ini dikarenakan jatah mereka di pasar high-end tergerus kehadiran vendor smartphone Apple dan RIM yang beredar di pasar yang sama. (BBC/OL-11).

Sumber : Mediaindonesia.com
Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar