27 Jan 2011

Toshiko’s Revert Story


Toshiko’s Revert Story

As-Salaam aleikum wa Rahmatullahi wa Barakathu

First Exposure to Islam

My name is Toshiko and I was first exposed to Islam when I was studying Judaism with my Jewish uncle. Every Friday I would go to his home and we would have dinner and then a lesson from the Taurat. It was very very interesting. One day, I learned the story of Ishmael and Isaac. I did not know anything about them at the time. I was intrigued to find out that the Jews and Muslims are related in this way. I never really pursued much from there though and got back into Buddhism again.

Nama saya Toshiko dan saya pertama kali terkena Islam ketika saya sedang belajar Yudaisme bersama paman Yahudi saya. Setiap Jumat saya pergi ke rumahnya dan kami akan makan malam dan kemudian mempelajari Taurat. Itu sangat menarik saya. Suatu hari, saya belajar kisah Ismail dan Ishak. Aku tidak tahu apa-apa tentang mereka pada waktu itu. Saya tertarik untuk mengetahui bahwa orang Yahudi dan Muslim yang berhubungan dengan cara ini. Aku tidak pernah benar-benar mengejar banyak dari sana dan kembali ke Buddhisme lagi.

Meeting with “Muslims”

Several years later I met some people from Oman and a couple of them started to slowly teach me about Islam and gave me books to read. I read a few and asked questions. I always had felt sorry for the women wearing hijab (the veil) and even more sorry for those that wore full hijab (hijab (the veil), niqab (face veil) and abaya/jelbab (overwear coat)). I thought it was so sad they they were forced to cover their beauty just because the men cannot control themselves!! We discussed this issue a few times but I still had the impression that it was forced on the women. I even fasted Ramadan with them to feel the experience. I was interested in Islam for a short while again but then those same men would go to clubs, drink and curse the women who did “it” while all the time they did “it” themselves. I mistakenly attributed their attitudes as the attitude of Islam and lost interest very quickly.

Beberapa tahun kemudian saya bertemu dengan beberapa orang dari Oman dan beberapa dari mereka secara perlahan mengajarkan saya tentang Islam dan memberi saya buku untuk dibaca. Saya membacanya dan bertanya beberapa pertanyaan. Saya selalu merasa kasihan pada perempuan mengenakan hijab (jilbab) dan bahkan lebih kasihan bagi mereka yang memakai hijab lengkap ((jilbab), niqab (cadar) dan abaya / jelbab (mantel overwear)). Saya pikir itu begitu menyedihkan mereka, mereka dipaksa untuk menutupi kecantikan mereka hanya karena para pria tidak dapat mengendalikan diri! Kami membahas masalah ini beberapa kali tapi aku masih mendapat kesan bahwa itu terpaksa pada wanita. Aku bahkan berpuasa Ramadhan dengan mereka untuk merasakan pengalaman. Saya tertarik dalam Islam untuk beberapa saat, tapi kemudian pria yang sama akan pergi ke klub, minum dan mengutuk perempuan yang melakukan perbuatan yang sama sementara sepanjang waktu mereka melakukannya. Saya keliru disebabkan sikap mereka karena sikap Islam dan kehilangan rasa tertarik secara sangat cepat.

In fact over the next few years I met very many Muslims and it is too bad that at that time I just believed everything they did was condoned in Islam for the men. I wasn’t finding any good role models to see the truth about Islam. All the men I met were dating, drinking, doing drugs, going out to the clubs and finding women to take home. Yet, the whole time they did nothing but curse the women who did the same. It made me so angry that I did not want anything to do with Islam anymore.

Bahkan selama beberapa tahun kemudian saya bertemu sangat banyak Muslim dan perbuatan buruk pada saat itu aku hanya percaya semua yang mereka lakukan adalah dimaafkan dalam Islam untuk laki-laki. Aku tidak menemukan suatu model peran baik untuk melihat kebenaran Islam. Semua orang yang saya temui kencan, minum, melakukan narkoba, pergi ke klub dan menemukan perempuan untuk dibawa pulang. Namun, sepanjang waktu mereka tidak melakukan apapun kecuali mengutuk wanita yang melakukan hal yang sama. Ini membuat saya demikian marah bahwa aku tidak mau berurusan bersama Islam lagi.

Then one day my friend started dating a Muslim man who was very intensly practincing Islam. He was a bit on the extreme side, though, because everything turned into a conversation about Islam and he constantly criticised my friend for having known so many men and for having dated Muslims before. It was driving her mad and so she asked me to speak to him about his behavior. I tried to get him to understand that harrassing her was getting them nowhere and that he needed to except her for who she is. Then he would go into how us American women as so bad and ranted on about it. Then I started asking him that if he is such a believer in Islam then why he is dating. I asked him if the Qu’ran said that men can do all the things like drinking, clubbing, and drugs and such. He would hesitate and change the subject. We argued about several more subjects and then I finally thought to myself that if the Qur’an is truly the word of God, there is no way that many of his views were condoned. So I started to read the Qur’an.

Lalu suatu hari teman saya mulai berkencan seorang pria muslim yang sangat intens menjalankan Islam. Dia adalah sedikit di sisi ekstrim, meskipun, karena segala percakapan berubah menjadi percakapan tentang Islam dan ia terus-menerus mengkritik teman saya karena telah mengenal begitu banyak pria dan pernah kencan dengan Muslim sebelumnya. Hal itu membuatnya marah dan kemudian dia meminta saya untuk berbicara dengannya tentang perilakunya. Aku mencoba membuatnya mengerti untuk tidak melecehkan wanita dimanapun dan bahwa ia perlu mengecualikan dia sebagaimana adanya. Lalu dia menuju tentang bagaimana buruknya wanita Amerika dan gembar-gembor tentang hal itu. Lalu aku mulai bertanya padanya bahwa jika ia adalah seorang meyakini Islam maka mengapa ia berkencan. Saya bertanya apakah Alquran berkata bahwa manusia dapat melakukan hal-hal seperti minum, clubbing, dan obat-obatan dan semacamnya. Dia terlihat ragu dan mengubah topik pembicaraan. Kami banyak berargumen tentang beberapa subyek dan kemudian saya akhirnya berpikir bahwa jika Al Qur'an benar-benar firman Allah, tidak banyak ada cara dari pandangannya yang diampuni. Jadi saya mulai membaca Al Qur'an.

Culture, not Islam

It wasn’t easy. I had tried to read the Holy Bible before and it was hard to understand. I had to ask a lot of questions to get a clearer picture of what I was reading. But again, because of the translation (it was in Old English) and how hard it was to read I again lost interest. Then one day shortly after, someone gave me another translation that was in modern English and it was so much easier to read. While reading all these emotions I did not understand ran though me. It was amazing. I also noticed that commands were given to both men and women about lowering the gaze and keeping away from adultery and sex before marriage. It was definitely not commanded to only the women. I understood right then that most of the men I knew were practicing their culture, and not Islam. I did not even read that much of it, but I believed it was the word of God.

Bukan hal mudah. Saya telah mencoba membaca Alkitab sebelumnya dan sulit untuk dipahami. Saya harus mengajukan banyak pertanyaan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang saya baca. Tetapi sekali lagi, karena terjemahan (itu dalam Old bahasa Inggris) dan betapa sulitnya untuk membaca aku lagi kehilangan minat. Lalu suatu hari tak lama setelah itu, seseorang memberi saya terjemahan yang lain dalam bahasa Inggris modern dan itu jauh lebih mudah untuk dibaca. Saat membaca semua emosi ketidak mengertian terjadi pada diri saya. Sungguh menakjubkan. Saya juga melihat bahwa perintah yang diberikan kepada laki-laki dan perempuan tentang menurunkan pandangannya dan menjaga diri dari perzinahan dan seks sebelum menikah. Itu jelas tidak diperintahkan untuk hanya perempuan. Kemudian saya mulai mengerti saat itu bahwa kebanyakan dari para pria yang saya kenal sedang berprilaku kebudayaan mereka, dan bukan Islam. Aku bahkan tidak perlu membaca banyak, tapi saya percaya itu adalah firman Allah.

Meeting Muslims - Again

I started going online and joining message groups and going to Islamic websites. I mainly started to research about Muslim women. I still did not have an understanding of the rights of women and of the protection that hijab gives. I joined a group where we would read some of the Qur’an every few days and I had so many questions but they were all answered and explained to me so well that my belief kept growing. I then started thinking to myself that I could be a Muslim but I just could not fathom myself being able to wear hijab. And so I studied even more and joined a woman’s only message board. I learned so much from them I could never thank them enough. Through speaking with them I wanted to revert but I did not know enough and needed to study more. It’s what I kept telling myself. I finally mentioned it in a couple of message boards and I got so many words of encouragement that so long as I believe that La ilaha il Allah, and Muhammad-ur-Rasool-Allah (There is no God but Allah and Muhammad (Peace Be Unto Him) is His slave and messenger) that I needed nothing else. They told me that no-one knows when their time is up and it is better to die a Muslim than non-Muslim. They also told me that I will never stop learning, that it would be a life-long lesson. I could not deny myself anymore and took Shahada on August 31, 2002. Alhamdullillah Allah guided me to Islam.

Saya mulai mempelajari secara online dan bergabung dengan kelompok berkirim-pesan dan mengunjungi website Islam. Aku mengutamakan memulai penelitian tentang wanita Muslim. Aku masih tidak memiliki pemahaman tentang hak-hak perempuan dan perlindungan yang diberikan jilbab. Aku bergabung dengan kelompok yang membacakan beberapa dari Al Qur'an setiap beberapa hari dan aku punya begitu banyak pertanyaan tetapi mereka menjawab dan menjelaskan semuanya kepada saya dengan baik sehingga kepercayaan saya terus berkembang. Saya kemudian mulai berpikir bahwa aku bisa menjadi seorang muslim tapi aku tidak bisa membayangkan diriku bisa memakai jilbab. Kemudian saya belajar lebih dengan bergabung dengan message-board khusus wanita. Saya belajar banyak dari mereka aku tidak cukup banyak berterima kasih kepada mereka. Dengan mengatakn kepada mereka bahwa aku ingin kembali ke Islam tapi saya tidak cukup mengetahui dan apa yang dibutuhkan untuk belajar lebih banyak. Hal itu yang saya terus saya pertanyakan pada diriku. Saya akhirnya menguraikan dalam beberapa message boards dan aku mendapatkan begitu banyak kata dorongan bahwa selama aku percaya bahwa sesungguhnya La ilaha il Allah, dan Muhammad-ur-Rasool-Allah (Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad (Peace Be Kepada-Nya) adalah hamba dan utusan), aku tidak membutuhkan apa-apa lagi. Mereka mengatakan bahwa tidak ada yang mengetahui kapan waktu mereka berakhir dan lebih baik mati sebagai seorang Muslim daripada non-Muslim. Mereka juga mengatakan kepada saya bahwa saya tidak akan pernah berhenti untuk belajar, dan itu akan menjadi pelajaran seumur hidup. Aku tidak bisa menyangkal diriku lagi dan mengambil Shahada pada tanggal 31 Agustus 2002. Alhamdullillah Allah membimbing saya ke Islam.

Hijab?

I still did not believe that hijab was necessary though, but kept on praying and studying. I kept questioning hijab with many Muslim sisters online and argued with them constantly. But then, one sister told me to keep reading the Qur’an and that Allah does command women to do so. I then learned more and more from these sisters about the protection hijab gives. After reading and studying these verses:

Aku masih tidak percaya jilbab sangat diperlukan, tapi terus berdoa dan belajar. Aku terus mempertanyakan jilbab bersama banyak Saudara perempuan Muslim yang online dan berargumen dengan mereka terus-menerus. Tapi kemudian, satu saudara perempuan mengatakan kepada saya untuk terus membaca Al Qur'an dan bahwa Allah memerintahkan perempuan untuk melakukannya. Saya kemudian belajar lebih banyak dan lebih dari Saudara perempuan ini tentang jilbab yang memberikan perlindungan. Setelah membaca dan mempelajari ayat-ayat ini:

(Surah 24, verses 30-31) “Tell the believing men to lower their gaze and be modest. That is purer for them. Lo! Allah is Aware of what they do. And tell the believing women to lower their gaze and be modest, and to display of their adornment only that which is apparent, and to draw their veils over their bosoms, and not to reveal their adornment save to their own husbands or fathers or husbands fathers, or their sons or their husbands’ sons, or their brothers or their brothers’ sons or sisters sons, or their women, or their slaves, or male attendants who lack vigor, or children who know naught of women’s nakedness. And let them not stamp their feet so as to reveal what they hide of their adornment. And turn unto Allah together, O believers, in order that ye may succeed”

Surat 24(An Nuur 30 -31) Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sunggu Allah mengetahui apa yang mereka perbuat ; Dan Katakanlah kepada para perempuan yang beriman , agar menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), ..... ".

(Surah 33, verse 59) “O Prophet! Tell thy wives and thy daughters and the women of the believers to draw their cloaks close round them [when they go abroad]. That will be better, that so they may be recognized and not annoyed. Allah is ever Forgiving, Merciful”

Surat 33(Al Ahzab) ayat 59 : Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya" ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka mudah di kenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.".

I came to an understanding that hijab is a protection for women. Men are unable to focus on our bodies and can only see and hear our minds. I also came to an understanding that both men and women are responsible for their society around them. Covering protects women from lots of unwanted harrassment and also protects men from getting distracted. I started wearing hijab about a month and a half after taking Shahada and it has been the most wonderful thing I have done for myself. No more cat calls, no more lustful stares, no more feelings of being treated like a piece of meat.

Sampailah saya kepada pemahaman bahwa jilbab adalah perlindungan untuk wanita. Pria tidak dapat fokus pada tubuh kita dan hanya dapat melihat dan mendengar pikiran kita. Saya juga sampai pada pemahaman bahwa baik pria maupun wanita bertanggung jawab terhadap masyarakat di sekitar mereka. Menutupi melindungi perempuan dari banyak pelecehan yang tidak diinginkan dan juga melindungi pria dari kekacauan. Aku mulai mengenakan jilbab sekitar sebulan setengah setelah mengambil Shahadat dan telah menjadi hal yang paling indah yang telah saya lakukan untuk diriku sendiri. Tidak ada lagi panggilan "cat", tidak ada lagi tatapan penuh nafsu, tidak ada perasaan lagi diperlakukan seperti sepotong daging.

The view ahead

I am so greatful to all the Muslims I have met, even the ones practising their cultures mixed with Islam because I have learned so much. I have a life-long journey of learning about Islam ahead of me and it has been the most wonderful journey in my life.

Saya sungguh berterima kasih kepada semua umat Islam yang pernah saya temui, bahkan yang mempraktekkan pencampuran dengan budaya, sehingga saya belajar banyak. Aku punya perjalanan seumur hidup belajar tentang Islam di depan saya dan itu telah menjadi perjalanan yang paling indah dalam hidupku.
Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Posting Komentar