17 Mei 2011

Situs Wikileaks Berhasil Siarkan Pesan Tersembunyi 9/11


Seorang petugas pemadam kebakaran yang bekerja setelah gedung kembar WTC roboh. Dalam peristiwa tersebut, pesan terakhir dari ribuan orang berhasil disadap dan ditampilkan dalam sebuah situs. (Berita SuaraMedia)
Seorang petugas pemadam kebakaran yang bekerja setelah gedung kembar WTC roboh. Dalam peristiwa tersebut, pesan terakhir dari ribuan orang berhasil disadap dan ditampilkan dalam sebuah situs. (Berita SuaraMedia)
NEW YORK (Berita SuaraMedia) - Sebuah situs telah menerbitkan apa yang dikatakan sebagai 573.000 pesan pager yang dikirim selama serangan 9 / 11 di AS yang berhasil disadap.

Wikileaks mengatakan mereka tidak akan mengungkapkan siapa yang memberikan pesan-pesan tersebut, yang beberapa di antaranya adalah dari badan-badan federal dan juga dari warga negara biasa.
Internet analis mengatakan mereka percaya bahwa pesan tersebut asli namun pemerintah federal menolak memberikan komentar.

Serangan pada 11 September 2001 menyebabkan hampir 3.000 orang tewas.

Pesan-pesan tersebut diterbitkan lebih dari 24 jam dan berakhir pada 08.00 GMT pada hari Kamis. Pesan-pesan tersebut dirilis secara bersamaan pada Wikileaks dan situs jaringan sosial Twitter.

Website ini menyiarkan setiap pesan pada saat itu dikirim awalnya pada tahun 2001.

Pesan pertama dikirim dari pukul 03.00 waktu setempat (08.00 GMT), lima jam sebelum serangan pertama di New York dan yang terakhir 24 jam kemudian.

Pesan tidak semua tentang serangan. Beberapa hanya berupa pertanyaan biasa tentang apa yang dimakan orang untuk makan siang.

Namun banyak dari pesan-pesan itu merupakan tentang serangan pesawat mematikan dan berkisar mulai dari orang yang mencoba untuk mencari tahu apakah orang yang mereka cintai selamat, hingga pesan-pesan pemerintah hingga error pada komputer server.

Pesan-pesan tersebut termasuk:
Ini Myrna, saya tidak akan beristirahat sampai kau tiba di rumah, menara kedua telah jatuh, aku tidak mau harus terus meneleponmu setelah setiap peristiwa. Tolong, pulanglah.Presiden telah dipindah-jalurkan dan tidak akan kembali ke Washington tapi tidak yakin ke mana ia akan pergi.Bom diledakkan di World Trade Ctr. Tolong kembali kepada Mike Brady dengan penilaian yang cepat daerah Anda dan hubungi kami jika ada sesuatu yang diperlukan.

Departemen kebakaran dan polisi New York mengatakan mereka tidak bisa berkomentar apakah pesan yang konon dikirim dari mereka adalah asli sementara Dinas Rahasia AS menolak memberikan komentar.

Sebagian besar pesan itu berasal dari tiga perusahaan, Metrocall, Skytel dan Arch.

USA Mobility Inc., yang menggabungkan sistem Metrocall dan Arch pada tahun 2004, mengeluarkan pernyataan Rabu mengatakan mereka "bermasalah dengan mengetahui bahwa pesan pager tersebut, yang termasuk komunikasi yang melibatkan pejabat pemerintah, tampaknya telah disadap dan dengan jelas diungkapkan secara publik dalam sebuah pelanggaran hukum pidana federal .

"Kami berharap dan berharap bahwa orang-orang yang terlibat dalam pengawasan elektronik yang melanggar hukum akan ditangkap dan dituntut untuk sepenuhnya sesuai hukum," kata pernyataan itu.

Skytel tidak menghubungi untuk memberikan komentar.

Wikileaks memungkinkan orang untuk memuat dokumen anonim di Web, dengan mengatakan tujuannya adalah untuk mempromosikan transparansi.

Ini diciptakan pada 2006 oleh para pembangkang, wartawan, ahli matematika dan teknologi dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia dan Afrika Selatan.

Wikileaks Juru bicara Daniel Schmitt mengatakan pesan-pesan itu disampaikan secara anonim ke situs tersebut beberapa minggu yang lalu.

Dia mengatakan kepada Associated Press: "Dari konteks informasi yang diberikan sumber kita alasan kuat untuk percaya bahwa ini adalah data yang valid."

Kata Schmitt menerbitkan pesan tersebut "adalah salah satu tambahan blok bangunan untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang apa yang terjadi pada hari itu." (iw/bbc/kc)

Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar