25 Des 2010

Kisah Allah Rakkha Rahman - Mozart from Mumbai - menjadi Mualaf


Allah Rakkha Rahman lahir pada tanggal 6 Januari 1966 dengan nama AS Dileep Kumar di Chennai, Tamil Nadu, India, umumnya dikenal dengan dua inisial pertama akhiran AR Rahman. AR Rahman adalah Seorang komposer musik untuk film. Karirnya semakin menjulang setelah berhasil mengarahkan musik pada Film "SLUMDOG MILLIONARE" yang meledak di pasaran. Karir suksesnya di dunia musik dan film berawal ketika Mani Ratman pada tahun 1991, Mani Ratman adalah salah seorang Sutradara film India yang terkenal. Mani Ratman mendatangi AR Rahman yang pada saat itu juga cukup terkenal sebagai komposer musik untuk periklanan untuk menajak AR Rahman menjadi pengarah Musik pada film nya. Mani Ratman mengajaknya untuk menangani "K. Balachander's film dalam film Roja". Film ini di tulis dan disutradarai oleh Mani Ratman, Madhoo dan Arvind Swamy adalah pemeran utamanya. Ada sebuah lagu di film tersebut yang berjudul 'Tamizha Tamizha' yang menjadi sangat terkenal dan mengantarkan AR Rahman ke panggung dunia. Penyatuan unsur musik Pop, Bach, Beethoven, Mozart, Reggae, Rock dan Musik Klasik India pada lagu itu memenangi tiga penghargaan untuk BEST MUSIC DIRECTOR. Dan Musik AR Rahman sangat di pengaruhi oleh mistisme sufi. Pada tahun 2005, Majalah "TIME" telah memilih Sound Track pada film itu sebagai "Ten Best soundtracks of all time". Dan, ketika sutradara Slumdog Millionaire, Danny Boyle menawarkannya sebagai penata musik, ia tidak menyia-nyiakannya. Dia rencanakan musik itu beberapa bulan sebelum akhirnya film itu benar-benar populer.
Ayah AR Rahman bernama RK Sekar, seorang direktur musik yang banyak bekerja untuk "Mallu Films" dan ibunya Kasturi (Kareema Begum). Ayah Rahman terlahir sebagi Hindu lahir dan hingga meninggal, ibunya, Kasturi bernama asli Kareema Begum dan sebelum menikah beragama Hindu Shekhar. RK Sekhar adalah seorang musisi arranger dan konduktor film sukses pada film-film Malayalam dan telah bekerja dengan tokoh-tokoh populer seperti Salil Chowdhary dan Devarajan. RK Sekhar meninggal dunia pada saat AR Rahman baru berumur 9 tahun.
Dengan meninggalnya sang ayah, tanggung jawab untuk mendukung ibunya Kasturi (Sewaktu masih hindu bernama Kareema Begum) dan 3 adik peremuannya (Kanchana, Bala - Sekarang Talat dan Israth) segera jatuh kepundaknya dan membuat karir musik pria ini dimulai lebih cepat yaitu ketika berumur 11 tahun. Beruntung, ia telah mengikuti kursus piano sejak umur 4 tahun dan bisa menjadikannya bekal untuk awal karirnya. Pada saat itu Rahman bergabung dengan kelompok musik terkenal yang dipimpin oleh Ilayaraja’s sebagai pemain Keyboard. Pekerjaan ini menuntut banyak waktu dan berdampak buruk pada pendidikan Rahman. Kurangnya perhatian dan ketidak pedulian management membuatnya beralih dari "Padma Seshadri Bal Bhavan" yang bergengsi ke sekolah kristen di Madras. Namun akhirnya ia putus sekolah pada usia 16 tahun.
Juga mengikuti pemain orkestra tabla terkenal "Ustad Zakir Hussain" berkeliling dunia. Pengalaman dan pemaparan musiknya membantu dia mendapatkan beasiswa dan mendapatkan gelar di Musik Klasik Barat dari Trinity College of Music, Oxford University.
Pada tahun 1987, Rahman mulai menulis lagu jingle untuk iklan televesi. Jingle pertamanya adalah untuk iklan jam tangan baru "Allwyn". Setelah itu dalam rentang waktu 5 tahun, Rahman setidaknya telah membuat lebih dari 300 jingle. Lagu ke Islaman pertamnya berjudul "Deen Isai Malai" dan lagu berbahasa inggris "Set Me Free" namun tampaknya gagal di pasaran. Rahman memiliki studio kecil yang lengkap bernama "Panchatan Record Inn" dan merupakan salah satu studio rekaman terlengkap di India. Rahman juga mengkoleksi sample suara paling lengkap di Asia.

Rahman menjadi Muslim.

Jika di Musik, Rahman telah di berikan ketenaran dan dalam Islam, Ia telah di anugerahi Kedamaian. Kisahnya masuk islam (menjadi mualaf) tergolong unik dan menakjubkan. Pada tahun 1989, Dileep Kumar dan keluarganya telah berpindah agama ke Islam. Keputusan ia dan keluarganya mengubah agamanya tidaklah sulit. Bermula dari jatuh sakitnya sang salah satu adik perempuannya dimana berbagai upaya medis menemui kegagalan. Secara kebetulan ia bertemu dengan sheikh muslim bernama Syaikh Abdul Qadir Jaelani atau Syaikh Qadri. Dari sini ia mendapatkan saran untuk memanjatkan doa di sebuah masjid dan bersumpah untuk masuk Islam jika sang adik kelak diberi kesembuhan. Jadilah keluarga Rahman menjalankan saran tersebut.
Tak lama berselang sang adik pun diberi kesembuhan. Dan sesuai dengan sumpah yang telah mereka ucapkan, Rahman beserta seluruh anggota keluarganya menyatakan masuk Islam. saat itu usia Rahman baru menginjak 23 tahun. Dengan statusnya yang telah muslim, ia pun mengubah namanya dari AS Dileep Kumar menjadi Abdul Rahman dan kemudian berubah menjadi Allah Rakkha Rahman setelah mendapatkan masukan/saran dari Naushad Music Director.
Rahman kini, adalah salah satu dari Muslim yang langka dalam industri film dimana ia telah berhasil menciptakan keseimbangan antara agama dan bekerja. Dia tidak pernah melewatkan shalat lima waktu setiap hari dan telah berhaji dua kali. Baginya agamanya menyediakan dasar yang membuat dia rendah hati. "Sementara berdoa Anda mencapai posisi tertentu, mengatakan tuan bahwa Anda adalah orang berdosa yang paling mengerikan di dunia, bahwa Anda harus diberi pengampunan dan rahmat".
Rahman memiliki keyakinan yang kuat dalam Sufisme, dan ia adalah orang yang sangat spiritual. Sufisme adalah tentang cinta "cinta sesama manusia, cinta kemanusiaan, dan akhirnya cinta kepada Tuhannya. Dia adalah seorang yang kritis dari cara ekstrim yang diadopsi oleh beberapa Muslim. Dalam sebuah wawancara yang diberikan kepada Arab News dia memberikan pandangan panjang lebar tentang ajaran Islam.
Dia menyangkal rumor yang menghubungkannya dengan fundamentalisme dan pemaksaan berpindah agama, Bagaimana bisa saya menyediakan dana bagi mereka (badan amal yang dicurigai), ketika saya telah menerima ancaman kematian dari ekstremis dan pemerintah negara bagian telah menempatkan personel polisi untuk menjaga kediamannya. Pada konversi katanya, Saya sendiri tidak sempurna, bagaimana saya bisa mengubah orang lain? Aku mengikuti agama saya, biarkan orang lain mengikuti agama mereka miliki.


Dari berbagai sumber. Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar