7 Jan 2011

Rp2,3 T Untuk Bebaskan Lahan Tol Priok-Cikarang


INILAH.COM, Jakarta – Pembangunan tol Tanjung Priok-Cikarang (Tanjung-Karang) sepanjang 47 kilometer, memakan dana hingga Rp2,3 triliun, hanya untuk pembebasan lahan.

"Di PU (Pekerjaan Umum, red) tersedia biaya pembebasan tanah itu sekitar Rp2,3 triliun tersiap," ujar Menteri Pekerjaan Umum, Joko Kirmanto saat bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta di Balaikota, Jumat (7/1/2011).

Untuk sementara, biaya ini ditalangi oleh Kementerian PU. "Nanti kita pakai, begitu selesai ditukar oleh investor dan kembali lagi Rp2,3 triliun. Semuanya ditalangi dulu oleh kementerian PU."


Selama ini, pembebasan lahan menjadi kendala pembangunan infrastruktur. Terutama hal itu itu terkait dengan pembebasan lahan. Namun untuk proyek ini, investor sudah menyatakan kesanggupannya. "Sekarang, tinggal bagaimana pembebasan tanahnya dilakukan hingga tuntas."

Pembangunan jalan tol Tanjung Priok-Cikarang diperkirakan mampu mengurai 30% kemacetan di Jakarta. Tol ini direncanakan hanya digunakan untuk kendaraan berat

Akses jalan tol Tanjung Priok-Cikarang sepanjang 47 kilometer itu terbagi dalam dua seksi, yakni seksi E-1 dan E-2. Seksi E-1 yakni akses di kawasan industri Cikarang, Bekasi menuju Tanjung Priok yang dibuka tahun ini juga. Sedangkan E-2 akan selesai dalam dua tahun mendatang. [tjs]

Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar