27 Nov 2011

Jembatan KUKAR ~ Kutai Kartanegara ~ Runtuh


Jembatan yang menghubungkan Kutai dan Karta Negara (KUKAR) ini runtuh, Pada tanggal 26 November 2011 pukul 16.20 WITA. Jembatan yang melintasi sungai Mahakam ini menelan Puluhan kendaraan yang berada di atas jalan jembatan tersebut. Dilaporkan 4 orang tewas dan puluhan luka-luka akibat peristiwa ini. Penyebab runtuhnya jembatan ini ditengarai akibat adanya perbaikan pada saat jembatan dalam situasi ramai. Jembatan yang dibangun sekitar 11 tahun lalu ini sedang dalam perbaikan dengan pengenduran dan pengencangan baut. Runtuhnya jembatan diperkirakan hanya sebentar tak lebih dari 30 detik. Kesalahan fatal tersebut diakibatkan karena arus kendaraan tidak dialihkan pada saat terjadinya perbaikan jembatan Sehingga ketika jembatan ambruk, banyak kendaraan bermotor yang ikut tercebur ke dalam Sungai Mahakam. Pada pertengahan Februari 2011, jembatan ini sudah mengalami pergeseran sekitar 15 cm ke arah dalam sehingga saat itu masyarakat mengkhawatirkan akan ambruk.

Sejauh ini belum ada kepastian jumlah sepeda motor dan mobil yang ikut terjatuh ke Sungai Mahakam. Pasalnya, belum ada petugas yang dapat dihubungi. Namun, Tim SAR sudah berada di lokasi untuk mencari para korban.

Dengan ambruknya jembatan Kukar tersebut, masyarakat terpaksa memutar cukup jauh, dan memakan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai dan melintasi sungai mahakam dengan menggunakan jembatan Mahakam yang usianya cukup tua dan dibangun pada masa pemerintahan Soeharto. Meski jembatan tersebut agak kecil dan karena tidak ada alternatif yang bisa dilalui lagi, terpaksa masyarakat harus melewati jembatan ini.

Berdasarkan data wikipedia, Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan yang mencapai 710 meter.

Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara Kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate yang terdapat di San Fransisco.

Jembatan Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda dan dikenal sebagai Golden Gate-nya Kalimantan karena menyerupai jembatan di San Fransisco, Amerika Serikat. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan ini juga merupakan akses menuju Samarinda ataupun sebaliknya yang dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit. Melewati Jembatan Kutai Kartanegara ada pemandangan menarik yang dapat disaksikan, yaitu hamparan sebuah pulau kecil yang memisahkan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Pulau Kumala, sebuah pulau yang telah disulap menjadi Kawasan Wisata Rekreasi yang banyak diminati oleh wisatawan Nusantara karena merupakan kawasan rekreasi keluarga yang hampir mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

Jembatan KUKAR Dalam Kenangan

Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar