22 Jan 2011

Demo Masih Berlangsung Meski Ada Masa Berkabung 3 Hari di Tunisia


Demo Masih Berlangsung Meski Ada Masa Berkabung 3 Hari di Tunisia


Ratusan pengunjuk rasa Tunisia berkumpul di luar kantor Kementerian Dalam Negeri di pusat kota Tunis untuk menuntut pembubaran pemerintah interim pasca revolusi.

Demonstrasi ini diadakan pada hari pertama dalam masa tiga hari berkabung nasional atas mereka yang tewas selama protes yang berlangsung di negara ini.

Demonstran ditahan oleh polisi di kementerian dalam negeri.

Gedung kementerian dalam negeri pernah diserang pekan lalu, sehingga memaksa mantan presiden Zine El Abidine Ben Ali melarikan diri ke Arab Saudi.

Beberapa pengunjuk rasa dilaporkan berjalan menuju markas serikat buruh utama negara untuk menyerukan mogok umum.

Ratusan warga Tunisia juga telah melakukan shalat Jumat kemarin (21/1) - sebuah praktek yang dilarang oleh rezim Ben Ali.

Sementara itu, kabinet telah mengeluarkan amnesti untuk semua kelompok politik yang sebelumnya dilarang termasuk kelompok oposisi Islam.

Pemerintah interim juga mengumumkan bahwa sekolah dan universitas, yang telah ditutup sejak minggu lalu, akan dibuka kembali pada hari Senin depan.

Pemerintah persatuan baru ini bertujuan untuk mempersiapkan Tunisia untuk pemilu baru dalam dua bulan.

Kediktatoran Ben Ali selama 23 tahun, yang dirusak oleh diulang pelanggaran hak asasi manusia dan penyiksaan, yang berakhir pada awal bulan ini setelah berminggu-minggu aksi protes jalanan. (fq/prtv)

Sumber : Eramuslim.com
Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar