18 Jan 2011

Dengan Referral - Penghasilan dari PTC jadi menggiurkan - Part 2


Halo rekan netter, Pada post kali ini saya akan coba membahas tentang peranan referral, jenis-jenis referral yang berlaku dan bagaimana mengelola referral agar penghasilan anda dari PTC menjadi maksimal dan dapat di andalkan. Jika , pemain PTC tidak memiliki referral, perjuangan itu menjadi sangat sulit, karena apa lah artinya mengumpulkan uang Rp. 200 - Rp. 400 perhari (PTC Lokal) atau 0.04$ perhari (PTC global), maka agar penghasilan pada PTC menjadi nilai yang dapat di andalkan sebagai penghasilan tambahan anda.

Referral itu adalah anggota lain pada suatu PTC yang kepesertaannya akibat dari anda ajak bergabung pada PTC tersebut. Agar sistem script suatu web bisa menempatkan referral tersebut dengan akurat, anda harus memberikan link yang didalamnya terdapat kode referral anda. Kode referral (referral link) bisa menggunakan berbasis username atau suatu kombinasi angka yang di enkripsi atau nomor keanggotaan anda pada suatu ptc. Ketika ada orang lain (bisa anda kenal atau pun tidak anda kenal sama sekali) melakukan klik pada referral link tersebut dan melakukan pendaftaran pada ptc referral link anda, maka anggota tersebut akan menjadi referral direct atau referral langsung anda.

Strategi untuk mendapatkan Direct Referral atau Referral langsung yang umum digunakan oleh para pemain ptc adalah seperti berikut ini :
  1. Mengenalkan ptc kepada rekanan anda baik melalui messenger atau media chatting online.
  2. Memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain.
  3. Memanfaatkan situs iklanbaris gratis yang bertebaran di internet.
  4. Memanfaatkan forum dengan mencantumkan banner atau referral link pada bagian signature setiap posting anda
  5. Memanfaatkan blog atau situs yang kita miliki/kelola
  6. Memanfaatkan E-mail (hati2 dgn SPAM) atau group milis seperti yahoogroups
  7. Membuat suatu e-book panduan untuk di baca secara offline/online
  8. Memanfaatkan program matrix (seperti MLM) yang menawarkan gratis ngiklan, seperti pada bahasan saya disini. Link.
  9. Beriklan banner di suatu PTC (Paid To Click) atau GPT (Get Paid To)
  10. Beriklan Paid to view ads pada situs PTC atau GPT.
  11. Beriklan melalui Paid to Sign Up (Dibayar untuk medaftar di suatu situs) atau Paid to Task (Dibayar untuk melakukan sesuatu) di suatu GPT atau situs lainnya dan berikan syarat-syarat approval nya (diseujui oleh anda).
  12. Beriklan di suatu program Paid Per Click (seperti adsense).
Untuk mendapatkan Referral langsung memang bukan suatu pekerjaan mudah (termasuk saya). Selain dibutuhkan suatu upaya yang keras, kadang juga di butuhkan dana ekstra. Maka suatu strategi yang efektif menjadi mutlak di butuhkan. Sebagai suatu langkah yang di rasa cukup efektif bagi kebanyakan pemain ptc adalah mengiklankan suatu ptc saat ptc tersebut baru saja online, dan memang, secara kemungkinan untuk mendapatkan referral langsung lebih terbuka. Namun juga harus di sadari, bahwa banyak ptc yang tutup dan menghilang pada saat ptc berumur sebulan hingga 3 bulan. Dan kalau beruntung mendapatkan ptc yang bagus dan berumur panjang, keberadaan referral langsung tersebut bisa menjadi asset nonfisik anda.

Sulitnya mendapatkan referral langsung janganlah membuat anda menjadi kapok dan frustasi dalam berbisnis ptc ini. Karena ada solusi yang menurut saya lebih minim resiko nya, yaitu dengan menyewa referral yang telah di sediakan oleh pemilik PTC. Keunggulan sistem sewa disini adalah kita dapat mengganti referral yang kita sewa (disebut dengan recycle) jika referral yang kita sewa ternyata tidak aktif. Referral yang anda sewa harus anda perhatikan dan maintenance agar setiap hari mereka bisa memberikan keuntungan kepada anda. Maksud dari maintenance disini adalah, secara berkala, anda me-recycle referral yang tidak aktif agar mendapatkan referral yang aktif. Umumnya , pemain ptc akan mengganti referral yang tidak aktif jika selama 4 hari berturut-turut, referral tersebut tidak melakukan klik iklan sama sekali.

Selain kedua jenis referral diatas (referral rekrut/referral cari/direct referral) dan referral sewa, ada pula beberapa ptc menyediakan referral beli atau anda membeli referral, hanya saja, saya sendiri tidak pernah memanfaatkan jenis referral seperti ini, karena menurut saya terlalu banyak resiko rugi dibanding prospek keuntungannya.

Jika pada suatu saat nanti anda menemukan suatu PTC yang anda rasa prospektif, sebelum anda melakukan upgrade keanggotaan, ada baiknya untuk mencoba melakukan test referral sewa. Jika referral sewa dapat memberikan keuntungan semasih anda menjadi member gratisan, maka kemungkinan anda profit sebagai member upgrade (berbayar) akan semakin besar. Dan keberadaan referral sewa adalah sangat vital bagi member upgrade, karena dari sinilah mereka dapat membayar biaya upgrade dan mendapatkan keuntungan.

Jika anda merasa ada yang ingin ditanyakan atau mengkoreksi ulasan saya diatas, silahkan reply di posting ini. oya, karena blog ini adalah blog dofollow, setiap komen dan link website yang anda masukkan pada komentar di blog ini akan menjadi backlink bagi situs/blog anda. Namun perlu diperhatikan, jika komentar yang anda berikan adalah salah satu dari jenis spam, maka komentar anda akan segera saya hapus.

Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar