17 Jan 2011

Siapa Yahudi Terkaya Di Dunia?



Walikota New York Michael Bloomberg, Pengusaha Sheldon Adelson, maestro Rusia Roman Abramovich dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg menempati peringkat pertama di antara orang Yahudi terkaya di dunia, menurut survei yang baru diterbitkan oleh TheMarker.

Surat kabar keuangan itu, pada hari Rabu pekan lalu merilis analisis siapa orang Yahudi terkaya di dunia. Kebanyakan Yahudi yang masuk dalam daftar TheMarker memiliki hubungan bisnis dengan Israel dan juga terlibat dalam filantropi penyebaran Yahudi.

Berbeda dengan daftar Forbes, sejumlah miliuner Yahudi yang terdaftar tidak mewarisi kekayaan mereka, melainkan didapatakn melalui inisiatif kewirausahaan atau perubahan politik, seperti pembubaran Uni Soviet.


Jadi siapa peringkat nomor satu? Menurut TheMarker, Lawrence Ellison pendiri Oracle adalah Yahudi terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih sebesar US $ 28 milyar (Forbes No 6).

Bloomberg, pendiri layanan Bloomberg News, menjadi Yahudi terkaya di industri media, dengan kekayaan bersih $ 18 miliar (Forbes No 23). Isaac Perlmutter, CEO Marvel Comics, peringkat kedua dalam daftar TheMarker, dengan kekayaan bersih sebesar $ 1,6 milyar (Forbes No 616).

Di sektor teknologi, Ellison, berada di posisi pertama, diikuti oleh pendiri Facebook Zuckerberg, anggota termuda dari daftar TheMarker, dengan kekayaan bersih sebesar $ 4 miliar (Forbes No 212).

Pemilik perusahaan energi dan klub sepak bola Chelsea, Abramovich memimpin di bagian minyak dan komoditas, dengan $ 112 milyar (Forbes No 50), diikuti oleh Viktor Vekelsberg, pemilik Renova Group, sebuah konglomerat Rusia besar (Forbes No 113). Kekayaannya mencapai $ 6,4 miliar.

Kategori Lainnya menyertakan nama pengembang properti Australia Harry Triguboff (Forbes Nomor 316), pengusaha George Soros (Forbes No 258) dan Adelson (Forbes No 73). (sa/haaretz)

Sumber : Eramuslim.com
Lihat dalam tampilan PDF

0 comments:

Poskan Komentar